Minggu, 03 Oktober 2010

Pelatihan Khotib dan Da'i Muda se-Kec.Boyolali

Pada hari Sabtu, 2 Oktober 2010 Penyuluh Agama Islam se-Kecamatan Boyolali (Fungsional dan non-PNS) mengadakan Pelatihan Khotib dan Da'i Muda bertempat di Masjid Besar Banaran desa Banaran Kecamatan Boyolali. Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut adalah Drs. H. M. Jindar Wahyudi, M.Ag yang juga menjabat sebagai Kasie PENAMAS Kankemenag Kab. Boyolali dan Makmun Nuryanto, S.Ag yang juga menjabat sebagai Kepala KUA Kec. Selo Kab. Boyolali.

Acara pelatihan ini dibuka oleh Kepala KUA Kec. Boyolali H. Kusaeni, S.PdI pukul 10.00 WIB. Para peserta adalah para khatib atau dai-dai muda se-kecamatan Boyolali dan perdesa mengirimkan 6 delegasi. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Terbukti sampai akhir acara yang berakhir pukul 14.00 WIB mereka masih setia mengikuti acara tersebut.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan sumberdaya manusia khususnya tokoh masyarakat atau khotib dan da'i muda dalam mereka menyampaikan risalah yang disampaikan oleh rasulullah secara baik, benar dan sesuai dengan kondisi keadaan zaman (sholih li kulli makan wa zaman).


Dalam penyampaiannya tentang manajemen da'i muda, Bpk. Jindar mengatakan perbedaan antara mubaligh dengan da'i. Kalau mubaligh adalah orang yang menyampaikan materi/dakwah sedang da'i adalah orang yang menyampaikan dan sudah melaksanakan materi atau dakwah itu sendiri. Jadi, salah apabila mengatakan da'i cilik yang tepat adalah mubaligh cilik. Syarat menjadi da'i, lanjut Bpk. Jindar harus mempunyai kemampuan seni berdakwah dan berilmu. Jadi, kedua-duanya harus dimiliki oleh seorang da'i. Selain itu, ketaqwaan merupakan sesuatu kekuatan dalam (inner power) seorang da'i. Apabila da'i tidak mempunyai ketaqwaan tidak pantas dia disebut da'i.

Mengenai khutbah, Bpk. Makmun mengatakan berbeda dengan da'i. Khutbah tidak bisa berbicara 'bebas' tidak boleh diselingi dengan guyon. Mengenai isi atau materi khutbah sebaiknya jangan monoton sehingga hal ini mengharuskan seorang khotib berwawasan luas sehingga bisa memberi pencerahan kepada jamaah.

Pelatihan Khotib dan Da'i Muda ini adalah pertama kali kegiatan yang diadakan di tahun 2010 ini. Selanjutnya, sebagaimana yang disampaikan oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional Kec. Boyolali Iwan Hafidz Zaini, S.HI Insya Allah penyuluh-penyuluh Agama Islam se-kecamatan Boyolali akan mengadakan pembinaan Qori'/ qori'ah pelajar se-kecamatan Boyolali.

0 komentar:

Posting Komentar

tes

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More